Dalam Rangka Hari Jadi Polwan RI ke-75, Polwan Polda Bali Laksanakan Kegiatan Bersih Pantai


Bali - Polisi Wanita (Polwan) Republik Indonesia adalah Polisi khusus yang berjenis kelamin wanita. Berawal dari Kota Bukittinggi, Sumatra Barat, tatkala Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) menghadapi Agresi Militer Belanda II, disaat terjadinya pengungsian besar-besaran meliputi pria, wanita dan anak-anak, meninggalkan rumah mereka untuk menjauhi titik-titik peperangan.


Untuk mencegah terjadinya penyusupan, para pengungsi harus diperiksa oleh Polisi, namun para pengungsi wanita tidak mau diperiksa apalagi digeledah secara fisik oleh Polisi Pria. Untuk mengatasi masalah tersebut, Pemerintah Indonesia menunjuk SPN (Sekolah Polisi Negara) Bukittinggi untuk membuka "Pendidikan Inspektur Polisi" bagi kaum wanita.


Dibentuk pada 1 September 1948, tepat nanti pada 1 September 2023, Polwan RI genap berusia 75 tahun. Untuk memperingati hari jadi Polwan RI tersebut, Polwan RI melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan, salah satunya kegiatan "Bersih Pantai" dimana Polwan RI (khususnya Polwan Polda Bali) melaksanakan kegiatan ini, bertempat di Pantai Mertasari, Sanur, Denpasar, Selasa (8/8/2023).


Kegiatan ini diikuti kurang lebih oleh 150 anggota Polwan, yang merupakan gabungan dari perwakilan masing-masing Satuan Kerja (Satker) di Polda Bali serta perwakilan Jajaran dari, Polresta Denpasar, Polres Badung dan Polres Gianyar. Kegiatan ini dikoordinir langsung oleh Kompol Rahmawaty Ismail, S.E., S.I.K., M.M. (selaku ketua panitia hari jadi Polwan RI ke-75 di Polda Bali). Turut hadir, Pakor Polwan Polda Bali, AKBP Dra. Herini, Kapolsek Denpasar Selatan, AKP Ida Ayu Made Kalpika Sari, S.E., M.H. serta para senior/pengurus Polwan Polda Bali.


Tujuan dari kegiatan Bersih Pantai Polwan Polda Bali adalah memancing kepedulian dan partisipasi masyarakat dalam menjaga lingkungan pesisir dan muara untuk menciptakan lingkungan yang bersih, lestari serta meningkatkan kerjasama lintas sektor dalam pengelolaan sampah dari muara dan pesisir. Selain itu diharapkan dengan kegiatan Polwan Polda Bali ini, pantai kita terbebas dari polusi plastik dan polutan lain.


"Kami dari Polwan Polda Bali, dalam rangka Hari Jadi Polwan RI ke-75, dengan tema Polri Presisi Untuk Negeri, Polwan Siap Mendukung Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju. Hari ini Polwan Polda Bali berada di Pantai Mertasari, Sanur, Denpasar, dalam rangka bersih-bersih pantai, semoga apa yang Polwan Polda Bali lakukan hari ini, dapat memberikan dampak positif untuk lingkungan pantai (khususnya Pantai Mertasari)," ucap Kompol Rahmawaty Ismail.  (*)

BhayangkaraNews.Net

Baca Juga

Terima kasih anda sudah membaca artikel Dalam Rangka Hari Jadi Polwan RI ke-75, Polwan Polda Bali Laksanakan Kegiatan Bersih Pantai

Posting Komentar

0 Komentar