Satgana PMI Kota Kediri Gelar Latihan Penanggulangan Bencana


KEDIRI, LINTASBATASINDONESIA.COM - SATGANA (satuan penanggulangan bencana) PMI Kota Kediri selenggarakan pelatihan penanggulangan bencana selama 3 hari, pada hari kamis sampai sabtu 24-26 oktober 2019 di SMK Kertanegara Kota Kediri. Sabtu 26/10/2019

PMI Kota Kediri dengan dibantu fasilitator USAR (urban search and rescue) PMI Kota Malang, dimana pelatihan tersebut berbasis emergensi respon dan perencanan evakuasi bencana.

Dalam pelatihan tersebut mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB, diikuti peserta dari KSR Perti se-Kota Kediri, dosen perawat/kedokteran, relawan PMI kota kediri yang berjumlah 30 orang.

Kegiatan tersebut didukung dengan alat-alat canggih seperti gergaji mesin & SCBA, dimana SCBA sendiri biasa di gunakan untuk penyelamatan di area terbatas seperti gedung terbakar/roboh, korban dalam sumur.


Acara tersebut juga berfasilitas vertical rescue (VR), dimana VR biasanya digunakan untuk akses area terbatas di ketinggian.

Selain VR juga dilengkapi materi bertajuk evakuasi korban kecelakaan, pohon tumbang, kebakaran, gedung rubuh & penyelamatan dalam kubangan.



Petugas PMI Kota Kediri, Jaenal A, mengatakan, Sementara ini Kota Kediri masih minim bencana alhamdulillahnya, tapi yang namanya bencana tidak dapat diprediksi,

"padahal Kediri Kota juga berpotensi kekeringan, angin beliung, dan kecelakaan lainya. Semoga dengan kegiatan ini para relawan siap dalam menangani bencana." tambahnya. (budisantoso)

BhayangkaraNews.Net

Baca Juga

Terima kasih anda sudah membaca artikel Satgana PMI Kota Kediri Gelar Latihan Penanggulangan Bencana

Posting Komentar

0 Komentar