Lakukan Tatap Muka Langsung, Kapolda Bali Temui Personel Polisi Banjar Nusa Penida


Bali-Program Polisi Banjar/RW yang telah diluncurkan sebagai salah satu program unggulan dari Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., dalam menjawab tuntutan masyarakat terhadap kehadiran Polri ditengah problematika yang terjadi. Selain juga untuk mewujudkan Polri yang Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan (Presisi) dan selalu diharapkan kehadirannya oleh masyarakat.


Berkaitan dengan hal tersebut, Kapolda Bali Irjen. Pol. Drs. Ida Bagus Kade Putra Narendra, S.I.K., M.Si., berkesempatan melaksanakan Peninjauan Daerah Tujuan Wisata (DTW) Nusa Penida sekaligus melaksanakan sesi Tatap Muka dengan Polisi Banjar dan Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Nusa Penida, yang bertempat di Wantilan Desa Adat Dalem Setra Batununggul, Klungkung, Sabtu (26/8/2023).


Nampak hadir dalam kegiatan tersebut, Irwasda Polda Bali Kombes. Pol. Arief Prapto Santoso, S.H., S.I.K., M.M., Karo Ops Polda Bali Kombes. Pol. Soelistijono, S.I.K., M.H., Dir Reskrimsus Polda Bali Kombes. Pol. Roy Hutton M. Sihombing, Dir Binmas Polda Bali Kombes. Pol. Arsdo Ever P. Simatupang, S.I.K., S.H., Dir Lantas Polda Bali Kombes. Pol. Rumino Ardano, S.I.K., Dir Polairud Polda Bali Kombes. Pol. Ponadi, S.I.K., Dansat Brimob Polda Bali Kombes. Pol. Firdaus Wulanto, S.I.K., Kabidkum Polda Bali Kombes. Pol. I G. N. Rai Mahaputra, S.I.K., M.H., Kabid Propam Polda Bali Kombes. Pol. I Kt. Agus Kusmayadi, S.I.K.,?S.H., Kabid Dokkes Polda Bali Kombes. Pol. dr. Komang Nurada M., Sp.THT-KL, Kapolresta Denpasar Kombes. Pol. Bambang Y. Pamungkas, S.H., S.I.K., M.Si., dan Kapolres Klungkung AKBP. Nengah Sadiarta, S.I.K., S.H., M.K.P.


Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pengobatan gratis kepada seluruh masyarakat yang hadir serta pemberian bantuan sosial kepada sejumlah masyarakat pesisir pelabuhan Sampalan Batununggul oleh Kapolda Bali sebelum bertatap muka dan memberikan arahan kepada Polisi Banjar dan Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Nusa Penida.


Dalam arahannya, Kapolda Bali Irjen. Pol. Drs. Ida Bagus Kade Putra Narendra, S.I.K., M.Si., menekankan kepada seluruh personel yang hadir agar selalu melakukan koordinasi kepada setiap instansi yang ada di wilayah Nusa Penida, sehingga dengan saling terintegrasi satu sama lain, apabila terjadi permasalahan sekecil apapun di masyarakat dapat di ketahui dari awal, untuk kemudian dapat di carikan solusi yang tepat.


_”Saya minta seluruh personel Bhabin maupun Polisi Banjar, agar selalu lakukan komunikasi yang baik, saling terintegrasi satu sama lainnya, sehingga apabila terjadi permasalahan sekecil apapun dimasyarakat dapat dengan cepat didapatkan solusi dalam pemecahannya,”_ tekannya.


Jenderal bintang dua ini juga menjelaskan tugaskan bahwa pembentukan dari Polisi Banjar/RW merupakan bentuk penyatuan semua fungsi harkamtibmas dalam mengemban tugas Pemolisian Masyarakat pada tingkat Banjar/RW.


Pada kesempatan tersebut, Kapolda Bali mendengarkan pertanyaan dari Bendesa Adat Desa Adat Dalem Setra Batununggul, tentang posisi dan kedudukan Polisi Banjat/RW seperti apa. Apabila terjadi permasalahan, kemana persoalan tersebut diarahkan? _”Dan apabila terjadi permasalahan, kemana kita melaporkan, karena selain Polisi Banjar selama ini juga telah ada Bhabinkamtibmas yang juga bertugas,”_ tanya bendesa adat.


Menanggapi hal tersebut, atas seijin Kapolda Bali, Dir Binmas Polda Bali Kombes. Pol. Arsdo Ever P. Simatupang, S.I.K., S.H., menjelaskan bahwa secara umum Polisi Banjar/RW merupakan wujud pengemban fungsi Binmas predektif yang merupakan bentuk penyatuan semua fungsi harkamtibmas dalam mengemban tugas Polmas (Pemolisian Masyarakat) dalam komunitas tingkat Banjar/RW namun setiap anggota Polisi Banjar/RW tetap melaksanakan tugas pokoknya pada fungsi tugas masing-masing.


_”Polisi Banjar ini ditugaskan pada tempat atau lokasi tempat tinggalnya, dan Polisi tersebut tetap melaksanakan tugas pada fungsinya masing-masing. Sehingga apabila ada permasalahan diwilayah tempat tinggalnya, Polisi Banjar dapat memberikan solusi terkait permasalahan yang ada,”_ jawabnya.


Selanjutnya, saat mendengarkan masukan dari salah satu Bhabinkamtibmas Polsek Nusa Penida yang memohon agar diberikan tambahan sarana dan prasarana yang masih belum tersedia di Polsek Nusa Penida, seperti RIB Boats yang dapat dipergunakan saat terjadi kejadian masyarakat tenggelam di laut. _”Terkait sarana dan prasarana sepeti boats taktical yang dapat kami pergunakan untuk membantu apabila ada masyarakat tenggelam di laut sebagai upaya pertolongan pertama,”_ ujar salah satu bhabin.


Menanggapi hal tersebut, Dir Binmas menyampaikan bahwa segala bentuk mekanisme terkait penambahan sarana dan prasarana yang dibutuhkan tersebut akan dilakukan evaluasi dari pimpinan, dan nantinya dapat ditentukan penambahan sarana sesuai dengan kebutuhan. _” Nanti hal tersebut akan dilakukan evaluasi dari pimpinan, sehingga nanti dapat diputuskan kedepannya seperti yang dibutuhkan,”_ jawabnya.


Pada akhir sesi dilaksanakan sesi foto bersama Kapolda Bali dengan seluruh peserta yang hadir.(alit_pid)

BhayangkaraNews.Net

Baca Juga

Terima kasih anda sudah membaca artikel Lakukan Tatap Muka Langsung, Kapolda Bali Temui Personel Polisi Banjar Nusa Penida

Posting Komentar

0 Komentar