Memperingati hari koperasi Nasional di Pasuruan.



Bhayangkaranews.net |Pasuruan, Pada sejarahnya tanggal 12 Juli 2023 diperingati sebagai Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke 76 dan pada tahun ini secara resmi Harkopnas menyandang nama sebagai Hari Koperasi Indonesia (HKI).


Dilansir situs resminya, Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Hari Koperasi Indonesia ke-76 tahun 2023 mengusung tema "Membangun Koperasi Berbasis Kearifan Lokal Menuju Ekonomi Gotong Royong yang Mandiri, Modern, dan Berdigital".


Konsep Koperasi di Indonesia pertama kali dirintis oleh R. Aria Wirjaatmadja, seorang patih dari Purwokerto pada 1896. Kemudian gerakan Koperasi terus berjalan dan dijadikan alat perjuangan oleh Budi Utomo serta Serikat Dagang Islam untuk memperbaiki kehidupan rakyat.


Pada masa pendudukan Jepang, dibentuk Koperasi di Indonesia, tetapi digunakan untuk mengeruk keuntungan dan menyengsarakan rakyat. Barulah setelah Indonesia merdeka, pergerakan Koperasi di Indonesia mengadakan Kongres Koperasi untuk pertama kalinya.


Kongres Koperasi Pertama dilaksanakan di Tasikmalaya, Jawa Barat, pada 12 Juli 1947. Kongres Koperasi Pertama menghasilkan beberapa keputusan penting, di antaranya mendirikan Sentral Organisasi Koperasi Rakyat Indonesia (SOKRI), menetapkan gotong royong sebagai asas koperasi, menetapkan 12 Juli sebagai Hari Koperasi Nasional. Dan sejak saat itulah, tanggal 12 Juli selalu diperingati sebagai Hari Koperasi di Indonesia.


 Dalam peringatan Harkop Nasional ke 76 tahun 2023 Dekopinwil Jatim melaksanakan kegiatan Sarasehan Koperasi dengan mengusung tema " Membangun Koperasi Berbasis Kearifan Lokal Menuju Ekonomi Gotong Royong Yang Mandiri Modern Dan Berdigital, kegiatan tersebut dilaksanakan di Djoglo,Kejayan,Pasuruan Sabtu 29,July 2023.


Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Drs.Ec.Marsana,M.s.i selaku Dekopinwil Provinsi Jawa Timur,Dr.Andromeda Qomariah,M.M selaku Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur.


Acara yang diikuti pengurus koperasi di Jawa Timur serta beberapa pelaku usaha tersebut menghadirkan beberapa narasumber, yaitu seorang pengusaha, praktisi koperasi, fasilitator UKM dan Asesor, Praktisi Ritel,Kepala Sekolah SD SMP SMA sampai Perguruan Tinggi.


Dalam peringatan Harkop Nasional DEKOPIN memiliki visi dan misi menjadi wahana perjuangan gerakan koperasi yang terpercaya dan memiliki kapasitas yang andal dalam memperjuangan kepentingan dan menyalurkan aspirasi anggota koperasi menuju terwujudnya jaringan koperasi Indonesia yang sehat dan kuat serta berperan dominan dalam perekonomian nasional,ungkap Ifa selaku Kepala Koperasi Jawa Timur.


Masih Ifa,Keseimbangan pembangunan ekonomi, baik antar kelompok, antar sektor maupun antar wilayah,kedepanya membantu pembiayaan anggota UMKM,meningkatkan kualitas SDM,tutupnya. (Jorfan)

BhayangkaraNews.Net

Baca Juga

Terima kasih anda sudah membaca artikel Memperingati hari koperasi Nasional di Pasuruan.

Posting Komentar

0 Komentar