Pengaruhi Opini Publik Di Irak, Israel Buka Halaman Facebook

TEL AVIV - Selasa  8 Mei 2018  Kementerian luar negeri Israel telah meluncurkan halaman Facebook yang secara khusus didedikasikan untuk upaya untuk mempengaruhi opini publik di Irak demi rezim Tel Aviv, sebuah laporan baru mengatakan.

Analis percaya bahwa langkah yang diambil pada hari Minggu ini sejalan dengan upaya rezim Israel untuk menutupi citra berlumuran darah di dunia Arab dan melanjutkan upaya oleh Tel Aviv untuk meningkatkan hubungan dengan beberapa negara Arab di wilayah tersebut.


Para diplomat yang tidak disebutkan namanya di Yerusalem al-Quds mengatakan halaman berbahasa Arab akan berfungsi sebagai “semacam kedutaan digital” ke Irak, meskipun fakta bahwa Israel masih secara resmi menganggap Irak sebagai negara musuh.

Menurut para diplomat, Israel dalam beberapa bulan terakhir meningkatkan upaya untuk menjangkau Irak, menuduh bahwa orang Irak tertarik untuk membangun hubungan dengan rezim.

Sementara itu, Jerusalem Post mengutip Yonatan Gonen, yang mengepalai cabang Arab di divisi diplomasi digital kementerian luar negeri Israel, karena mengklaim bahwa keputusan untuk membuat halaman Facebook khusus untuk orang Irak – disebut “Israel dalam Dialek Irak” – bertujuan untuk menyediakan khalayak Irak dengan lebih banyak informasi tentang Israel.

Direktur jenderal kementerian itu, Yuval Rotem, juga mengklaim bahwa rencana untuk meluncurkan “kedutaan digital” untuk warga Irak adalah sebagai tanggapan terhadap “semakin meningkatnya minat” bahwa dunia Arab sedang menunjukkan di Israel.

Ukuran terbaru oleh Israel muncul setelah laporan yang mengungkapkan bahwa beberapa negara Arab, khususnya Arab Saudi, telah mengambil langkah-langkah untuk memperbaiki pagar dengan Israel meskipun secara umum citra keji dari rezim Quds-merebut di antara negara-negara Arab.

Dalam sebuah wawancara dengan Atlantic yang diterbitkan pada 2 April, Putra Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman mengakui Israel dan menekankan bahwa orang Israel berhak atas tanah mereka sendiri.

Dia mengatakan bahwa kerajaan itu tidak memiliki masalah dengan orang Yahudi dan bahwa “ada banyak kepentingan yang kita bagi dengan Israel”.

Satu bulan sebelumnya, Arab Saudi telah membuka wilayah udaranya untuk penerbangan Air India ke dan dari wilayah yang diduduki Israel, menambahkan bukti konkret ke laporan yang sudah lama berlangsung tentang pemanasan hubungan Riyadh-Tel Aviv.

Seorang pejabat yang tidak disebutkan namanya dengan Otoritas Palestina (PA) juga mengungkapkan pada bulan Maret bahwa para pejabat tinggi Israel dan Saudi telah mengadakan serangkaian pertemuan rahasia yang ditengahi Mesir di Kairo.

Pembicaraan antara pejabat Israel dan Saudi berlangsung di sebuah hotel mewah di Kairo, dengan pejabat Mesir hadir, berurusan dengan kepentingan ekonomi Israel, Mesir dan Arab Saudi, khususnya di wilayah Laut Merah, menurut pejabat. (*)

BhayangkaraNews.Net

Baca Juga

Terima kasih anda sudah membaca artikel Pengaruhi Opini Publik Di Irak, Israel Buka Halaman Facebook

Posting Komentar

0 Komentar