Grebeg 1 Suro Desa Karang Nongko Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang Berlangsung Meriah

 


Malang,

Bhayangkara,news.net

Festival Grebeg Suro yang digelar di Dusun nongko sewu kelurahan karang nongko kecamatan poncokusumo kabupaten malang berlangsung meriah

dengan arak arakan  tumpeng juga kirab pawai warga seluruh dusun karang nongko dengan datangnya tahun baru 1441 Hijriyah, Ribuan masyarakat memadati rute arak-arakan  disepanjang jalan dusun di wilayah Dusun nongko sewu  pada selasa (25/7/2023)


"Ini merupakan tradisi tahunan masyarakat karang nongko, pungkas salah satu orang anggota kirab tumpeng saat memberikan keteranganya kepada tim media, untuk memperingati satu suro atau datang tahun baru hijriyah,insaallah desa kami selalu mengadakan acara tumpengan ini.


Kemudian, sambung kepala desa karang nongko ibu kristia ningsih, Tak sekedar perayaan,menurutnya,Grebeg Suro ini, juga bertujuan untuk memohon doa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar memberikan keselamatan dan keberkahan bagi daerah karang nongko dan sekitarnya ,Leluhur kami mengajarkan demikian untuk membersihkan kampung dari bala, juga musibah. sampai sekarang gelar tumpeng ini masih dan sudah menjadi bagian dari budaya di desa kami,ujar ibu kepala desa.


Menambahkan ibu kepala desa karang nongko mengutarakan dengan adanya kegiatan ini, menjadikan bukti,persatuan dan kebersamaan warga kampung dusun ini rukun dan semakin kuat

Untuk tumpeng  bakal diperebutkan di ujung arak-arakan, Masyarakat dusun di karang nongko meyakini, jika mendapatkan bagian dari tumpeng tersebut, bakal mendapatkan keberuntungan satu tahun ke depan.

mengapresiasi grebeg suro yang setiap tahunnya semakin meningkat Acara kali ini ada peningkatan dan saya berharap tahun depan bisa lebih meriah dan luas, pungkasnya.


Di kesempatanya ibu kepala desa juga  berharap kepada segenap masyarakat tidak sekadar melestarikan tradisi leluhur tersebut ,Namun, juga kembali mengingat nasehat-nasehat para leluhur,Ada banyak nasehat dari para leluhur kita, yang harus tetap kita pelajari dan kita amalkan dalam kehidupan kita.


Jurnalis: (ttk/Ant)

BhayangkaraNews.Net

Baca Juga

Terima kasih anda sudah membaca artikel Grebeg 1 Suro Desa Karang Nongko Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang Berlangsung Meriah

Posting Komentar

0 Komentar