Diskop-UKM Jatim Kenalkan Kewirausahaan Generasi Muda Lewat Lomba Koperasi Siswa

 


Surabaya (Jatim) Bhayangkaranews – Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Diskop-UKM) Provinsi Jawa Timur berkomitmen meningkatkan pemahaman generasi muda tentang koperasi. Selain itu, upaya mengenalkan ilmu kewirausahaan dan menjadikan koperasi sebagai salah satu pilihan terbaik untuk membangun bisnis pun dilakukan. 


Salah satunya dengan menggelar Lomba Koperasi Siswa di lingkungan SMA/SMK/MA di Jawa Timur. Kegiatan yang diinisiasi Bidang Kelembagaan dan Pengawasan Koperasi Diskop-UKM Jatim ini diselenggarakan sebagai rangkaian memperingati Hari Koperasi ke-76. 


Diskop-UKM Jatim melalui laman resminya, Rabu (5/7/2023), ada beberapa rangkaian kegiatan di antaranya Boothcamp secara daring yang diikuti oleh 43 Koperasi Siswa di Jawa Timur, Senin (3/7/2023). Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari unsur Dewan Juri dan Pegiat Koperasi yang memaparkan materi tentang Rencana Bisnis Masa Depan dan Digitalisasi Koperasi Indonesia. 


Selanjutnya, setelah melalui proses seleksi administrasi, dari 43 pendaftar yang berhasil lolos nominasi sebanyak 20 Koperasi Siswa dan berhak mengikuti tahapan final pada Selasa (4/7/2023). 


Setelah melalui tahap penjurian, maka didapatkan nama-nama pemenang Lomba Koperasi Siswa Tahun 2023 sebagai berikut: Juara 1 yaitu Koperasi Siswa Modern Bina Cendekia dari MAN 2 Tulungagung dengan nilai 510; Juara 2 yaitu Koperasi Siswa Maju Sejahtera dari SMAN 2 Lamongan dengan nilai 498; dan Juara 3 yaitu Koperasi Ganesha dari SMAN 1 Situbondo dengan nilai 493. 


Kepala Bidang Kelembagaan dan Pengawasan Koperasi, Diskop-UKM Jatim, Iva Candraningtyas, mengatakan, generasi z sangat mampu beradaptasi dengan teknologi kekinian. Dengan menggunakan digitalisasi, koperasi akan merambah level sekolah menengah tingkat atas dan mahasiswa. 


“Karena sangat adaptif, maka melalui teknologi akan dapat dilakukan berkoperasi dan berwirausaha di kalangan anak muda. Tetap semangat dan terus belajar,” ujar Iva. (Ujang)

BhayangkaraNews.Net

Baca Juga

Terima kasih anda sudah membaca artikel Diskop-UKM Jatim Kenalkan Kewirausahaan Generasi Muda Lewat Lomba Koperasi Siswa

Posting Komentar

0 Komentar