KANWIL KEMENKUMHAM BALI GELAR PIODALAN PURNAMA KEDASA PURA PADMASANA KANWIL KUMHAM BALI




BHAYANGKARANEWS.NET  DENPASAR - Kamis, 17 Maret 2022 Bertempat di area Pura Padmasana Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali dilaksanakan Upacara Piodalan yang bertepatan dengan Rahina Purnama Kedasa (Bulan Purnama) yang diikuti oleh seluruh pegawai Kantor Wilayah yang beragama Hindu. Upacara Piodalan dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali (Jamaruli Manihuruk) didampingi Kepala Divisi Administrasi (Mamur Saputra), Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Constantinus Kristomo) beserta Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas yang beragama Hindu. Pada kesempatan tersebut terlihat sekali tingginya toleransi antar umat beragama di Kanwil Kemenkumham Bali.


Upacara Piodalan dilaksanakan mulai Pukul 07.30 WITA dipimpin oleh Ida Pedanda Istri Oka yang selanjutnya upacara dilanjutkan dengan persembahan penampilan Tarian Rejang Renteng dimana tarian ini merupakan tarian yang senantiasa ditampilkan pada saat acara keagamaan di Pura yang dibawakan oleh perwakilan pegawai Wanita. Selepas persembahan Tarian Rejang Renteng, upacara dilanjutkan dengan Pementasan Topeng yang dibawakan pula oleh perwakilan pegawai pria Kanwil Kemenkumham Bali.


Kakanwil Kemenkumham Bali (Jamaruli Manihuruk) selaku pembina umat Kanwil Kemenkumham Bali dalam sambutannya menyampaikan bahwa salah satu upacara Dewa Yadnya yaitu piodalan ini mempunyai makna untuk menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kita kepada Tuhan Yang Maha Esa atas karunia yang telah dianugerahkan kepada kita semua, sehingga kita dapat melaksanakan tugas dan fungsi dengan baik dalam rangka mendukung program organisasi yang kita cintai ini.

Selain itu, pelaksanaan piodalan merupakan salah satu implementasi dari konsep Tri Hita Karana yaitu Parahyangan: hubungan yang seimbang antara manusia dengan penciptanya. "Melalui upacara piodalan ini umat Hindu dapat menjaga keharmonisan hubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa sehingga terwujud kedamaian semua mahluk dan keharmonisan dengan alam semesta", terang Jamaruli.


Upacara Piodalan berakhir tepat Pukul 11.00 WITA dengan harapan melalui Upacara Piodalan ini dapat membangun hal-hal yang konstruktif dalam membangun kemajuan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali.

BhayangkaraNews.Net

Baca Juga

Terima kasih anda sudah membaca artikel KANWIL KEMENKUMHAM BALI GELAR PIODALAN PURNAMA KEDASA PURA PADMASANA KANWIL KUMHAM BALI

Posting Komentar

0 Komentar