Majengan Berlari, Inovasi Camat Mayangan Tingkatkan Pelayanan Masyarakat




Probolinggo, Jatim -
Dalam upaya meningkatkan pelayanan masyarakat di wilayah kecamatan mayangan Kota Probolinggo Jawa Timur, Camat Mayangan Muhammad Abas, melaksanakan pelayanan tambahan pada malam hari setiap hari Senin. Pelayanan tambahan tersebut diberi nama 'Majengan Berlari'.

"Ini adalah kegiatan yang dilaksanakan Kecamatan Mayangan dalam upaya peningkatan pelayanan masyarakat. Dan kami beserta seluruh kelurahan juga melaksanakan pelayanan tambahan pada malam hari setiap hari senin, yang kami namakan 'Majengan Berlari'. Majengan berasal dari kata Mayangan, Berlari singkatan dari Biaya Gratis Pelayanan Malam Hari. Kami ingin yang terbaik, kami ingin yang terdepan dalam memberi pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Itu Motto kami," ujar Camat Mayangan Muhammad Abas, saat sambutan kegiatan Majengan Berlari yang di gelar di halaman depan Kantor Kecamatan Mayangan, Senin (18/11/2019) malam.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekda Kota drg Ninik Irawibawati mewakili Wali Kota Probolinggo, dihadiri Muspika setempat, serta lurah dan seluruh ketua RT/RW se kecamatan mayangan.

Dalam sambutannya Muhammad Abas juga menjelaskan, kecamatan mayangan ingin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan melibatkan seluruh unit pelayanan, baik dari instansi vertikal, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta pihak-pihak lain untuk bisa secara terpadu memberi tambahan layanan kepada masyarakat di malam hari.

"Alhamdulillah ternyata respon dari masyarakat, respon dari semua instansi luar biasa hingga kegiatan seperti ini tiap tiga bulan ditunggu-tunggu oleh masyarakat," katanya.

Karena kegiatan ini, lanjut Camat Muhammad Abas, disamping memberikan pelayanan yang dibutuhkan masyarakat, kami juga bekerja sama dengan Puskesmas Jati, Puskesmas Sukabumi, Klinik Bhayangkara, PMI, Jasa Raharja untuk memberikan pelayanan, pengobatan, dan pemeriksaan kesehatan secara gratis.

"Ini adalah wujud kepedulian kami kepada masyarakat. Kami ingin memberikan yang terbaik kepada masyarakat. Sekaligus dengan kegiatan ini juga kami memperdayakan masyarakat, mengenalkan UMKM yang selama ini menjadi binaan kami di kecamatan mayangan untuk bisa mempromosikan semua produk unggulannya," ungkapnya.

Untuk memeriahkan kegiatan Majengan Berlari kali ini juga kami tampilkan berbagai macam hiburan. Diantaranya kesenian tradisional yang selama ini menjadi binaan kecamatan mayangan.

"Kesenian tradisional yang kami tampilkan pada malam hari ini untuk menghibur masyarakat adalah seni tradisional ronjengan dan Wiro Jalu," sebutnya.

Dalam sambutannya Muhammad Abas juga menyaampaikan terimakasih kepada seluruh Kepala OPD, Kepala Instansi Vertikal yang telah mendukung kegiatan pelayanan pada malam hari.

Mudah-mudahan kerjasama ini bisa kita pertahankan, serta bisa kita tingkatkan lebih baik lagi dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Kegiatan ini kami lakukan agar mayangan bisa ikut memberi manfaat kepada masyarakat. Sehingga perekonomian bisa berjalan, dan secara langsung bisa memperdayakan masyarakat. Sehinggs kecamatan mayangan bisa dikenal oleh masyarakat luar," pungkasnya.

Sementara Sekda Kota Drg. Ninik Irawibawati, mewakili Wali kota dalam kesempatan itu membacakan sambutan Wali kota, yang mengapresiasi kegiatan Majengan Berlari. Ia menuturkan, untuk reformasi demokrasi yang dilaksanakan oleh pemerintah bertujuan untuk mewujudkan pelayanan yang baik. Salah satunya adalah mendorong perbaikan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat atas layanan yang diberikan oleh pemerintah.

Jadi perbaikan pelayanan itu secara terus menerus mempunyai maksud bagaimana masyarakat yang membutuhkan pelayanan dapat terpenuhi kebutuhannya secara baik dan memuaskan. Melalui kegiatan Majengan Berlari atau bazar pelayanan ini masyarakat memperoleh pelayanan lebih dari satu.

"Sebagai contoh, pelayanan surat keterangan dari kelurahan dan kecamatan, dan pelayanan pajak kendaraan bermotor, atau pajak bumi dan bangunan (PBB) bisa dilakukan di satu tempat. Sehingga waktu masyarakat tidak tersita dan pindah-pindah tempat untuk mendapatkan pelayanan yang lebih dari satu," ungkap Sekda.

Selain pelayanan yang bersifat administrasi, lanjut Sekda drg. ninik, bazar pelayanan pada Majengan Berlari yang berkolaborasi ini masyarakat juga bisa mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis yang diberikan oleh puskemas jati, puskesmas sukabumi, PMI, klinik bhayangkara, BPJS dan jasa raharja.

Instansi semuanya yang juga memberikan pelayanan kegiatan ini untuk mendukung kebijakan pemerintah kota probolinggo dalam memberikan pelayanan secara maksimal kepada warga kota probilinggo.

Kemudahan akses pelayanan kesehatan untuk mewujudkan masyarakat probolinggo yang lebih sejahtera. Pelayanan ini juga melibatkan pihak swasta, perbankan, UMKM dan kelompok seni yang ada di kecamatan mayangan.

Sekda kota drg. Ninik mengatakan, kegiatan ini dilakukan untuk menciptakan iklim investasi yang kondusif. Kemudian untuk memberi kemudahan kredit pada masyarakat, untuk memberikan kesempatan kepada kelompok seni untuk mengembangkan kreatifitasnya untuk tampil secara rutin pada kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah.

"Saya juga memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam kegiatan ini. Dengan komitmen untuk bersama-sama, untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," tutupnya. (Singgih).

BhayangkaraNews.Net

Baca Juga

Terima kasih anda sudah membaca artikel Majengan Berlari, Inovasi Camat Mayangan Tingkatkan Pelayanan Masyarakat

Posting Komentar

0 Komentar