Korem 012/TU Terima Tim Wasrik Post Audit Itdam IM




Meulaboh, Aceh, www.lintasbatasindonesia.com  - Tim Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) Inspektorat Kodam Iskandar Muda melaksanakan kunjungan ke Korem 012/Teuku Umar dalam rangka pengawasan dan pemeriksaan program kerja dan anggaran satuan di jajaran Korem 012/TU TW. IV TA. 2019 tahun berjalan, Senin (04/11/2019).

Kepala Staf Korem (Kasrem) 012/TU Letkol Inf Yudiono, S.Ag., M.M yang mewakili Komandan Korem 012/TU Kolonel Inf Aswardi, S.E. menerima kunjungan kerja Tim Wasrik Itdam IM yang diketuai oleh Kolonel Kav Hary Mulyanto, beserta rombongan.

Dalam sambutan Danrem 012/TU yang disampaikan oleh Kasrem 012/TU menyampaikan ucapan selamat datang kepada Ketua Tim Wasrik beserta rombongan atas kesediaannya berkunjung ke Korem 012/TU, dimana Korem 012/TU mendapat kesempatan dan kehormatan untuk dilakukan pengawasan dan pemeriksaan pertanggungjawaban program kerja dan anggaran TW. IV TA. 2019 berjalan, yang mana kegiatan pengawasan dan pemeriksaan ini sangat penting dilaksanakan dalam suatu organisasi sebagai upaya pembinaan dan peningkatan kinerja satuan.

Sementara itu, Ketua Tim Wasrik Itdam IM Kolonel Kav Hary Mulyanto membacakan sambutan Itdam IM Kolonel Czi Firman Dahlan, S.I.P menyampaikan, bahwa Kegiatan Wasrik rutin dilaksanakan oleh Itdam IM karena sebagai Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP)sesuai dengan tugas pokoknya yaitu "Membantu Pangdam IM dibidang pengawasan dan pemeriksaan perbendaharaan terhadap organisasi jajaran Kodam IM dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD"

“Sebagaimana kita pahami, fungsi pengawasan merupakan salah satu bagian yang penting dan tidak dapat diabaikan dalam setiap proses manajemen, oleh karenanya kualitas pelaksanaan fungsi ini sangat mempengaruhi keberhasilan pelaksanaan tugas suatu organisasi. Sejalan dengan itu pengawasan merupakan bagian dari upaya untuk membuat organisasi menjadi benar-benar efektif dan efisien,” terang Ketua Tim.

Metode wasrik saat ini dilakukan Pola Pre, Current dan Post Audit dengan mengedepankan tindakan korektif, preventif dan proaktif untuk membantu satuan-satuan sehinggah diperoleh pertanggungjawaban keuangan sesuai dengan sistem akuntansi instansi (SAI) meliputi sistem akuntansi keuangan (SAK) dan sistem informasi manajemen dan akuntansi barang milik negara (Simak BMN).

Selain itu, Ketua Tim Itdam IM menekankan agar dalam pemeriksaan ini nanti masing-masing Satker dapat memberikan data yang sebenarnya tanpa rekayasa dan ditutup-tutupi. “Dengan memberikan data yang sebenarnya, kita dapat segera mengetahui apabila ada hal-hal yang  perlu diperbaiki guna meningkatkan pelaksanaan tugas di masa mendatang,” jelasnya  (pen)

BhayangkaraNews.Net

Baca Juga

Terima kasih anda sudah membaca artikel Korem 012/TU Terima Tim Wasrik Post Audit Itdam IM

Posting Komentar

0 Komentar