MPN Hadir di Lamongan, Jadi Mitra Semuanya



LINTAS BATAS LAMONGAN - MPN Media Centre. -  Majelis Pers Nasional (MPN) hadiri di Kabupaten Lamongan jangan dianggap sebagai momok.

"Kita hadir di Lamongan, jangan dianggap sebagai momok yang akan mengungkit ketidak benarkan. Kita hadir membawa misi untuk kebersamaan dan kebaikan bersama," tutur Ketua Umum (Ketum) MPN, H. Umar Wirohadi, SH. MM di sela - sela kesibukan memantau persiapan pengukuhan calon pengurus MPN Lamongan. Selasa, 8 Januari 2019

Ada tiga fungsi yang diemban oleh MPN untuk disampaikan pada anggota MPN seluruh Indonesia, diantaranya fungsi informasi, fungsi edukasi dan fungsi kontrol. Dari tiga fungsi ini MPN merasa bertanggungjawab informasi wartawan yang tergabung wajib menyampaikan berita yang benar, tidak hoax, bertanggungjawab dan jujur.

Fungsi edukasi atau pendidikan, setiap karya dan beritakan wajib mengandung unsur pendidikan dan mendidik. Tidak justru sebaliknya melakukan pembodohan.
Dicontohkan wartawan sudah biasa melakukan pemelintiran sebuah kasus yang sesungguhnya kecil tetapi dibesarkan besarkan.

Sedangkan fungsi kontrol. , wajib memberikan kontrol yang konstruktif, tidak menghakimi, tidak fitnah, harus  berdasarkan kebenaran data dan fakta.

Ada tanggungjawab yang luar biasa setiap berita bersifat kontrol wajib dikonfirmasikan pada obyek berita.

"Kalau hal tersebut tidak dipenuhi, maka karya tersebut tidak mengandung unsur informasi, edukasi dan kontrol. Disamping itu sangat rawan akan terjadinya imbas hukum.

Dan wartawan rawan digugat maupun dilaporkan," lanjut Abah Umar panggilan Ketum MPN.
Maka kehadiran MPN di Lamongan jangan dianggap sebagai momok, atau dianggap yang lain lain.

"Kita hadir sebagai mitra untuk siapa saja. Mitra birokrasi, mitra legislatif, mitra yudikatif dan mitra masyarakat pada umumnya," lanjut Ketum MPN mengakhiri wawancara dengan Media Centre MPN.   (Ist)

BhayangkaraNews.Net

Baca Juga

Terima kasih anda sudah membaca artikel MPN Hadir di Lamongan, Jadi Mitra Semuanya

Posting Komentar

0 Komentar