Pangkostrad Kunjungan Kerja Ke Batalyon Komposit Pertama Kostrad

BANTEN, LINTAS BATAS - Panglima Kostrad Letjen TNI Agus Kriswanto beserta Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Gabungan Kostrad Aik Agus Kriswanto, melaksanakan kunjungan kerja di Batalyon Mandala Yudha Kostrad di desa Mekarsari, Jasira, Lebak, Banten, Rabu (4/4/2018).


Batalyon Mandala Yudha dipimpin oleh Kolonel Inf M. Asmi. Ini merupakan kali pertama Pangkostrad berkunjung ke Batalyon.

Batalyon Mandala Yudha adalah satuan terbaru di jajaran Kostrad. Satuan ini merupakan Batalyon Komposit pertama di jajaran TNI AD.

Pada kunjungan tersebut, Pangkostrad menerima paparan kondisi satuan dari Danyon Mandala, dilanjutkan peninjauan kompleks markas Batalyon dan diakhiri pengarahan Pangkostrad kepada seluruh prajurit dan keluarganya.

Batalyon ini adalah pertama dan satu-satunya Batalyon Komposit yang dimiliki TNI AD.

Batalyon Mandala Yudha merupakan satuan tempur yang diproyeksikan sebagai embrio dari Brigade Tim Pertempuran Berat TNI AD.

Karena itu Batalyon ini memiliki komposisi satuan tempur Infanteri, satuan bantuan tempur Artileri Medan (Armed), Artileri Pertahanan Udara (Arhanud), satuan helikopter tempur (Penerbad) serta didukung satuan Zeni, Peralatan dan Perhubungan dalam penyiapan operasional Batalyon.

Keberadaan Batalyon akan merealisasi konsep Modular Brigade yang diharapkan menjadi satuan setingkat brigade.

Keberadaan Batalyon Mandala Yudha merupakan jawaban dari pembentukan satuan siap gerak TNI, dalam menghadapi penugasan yang bersifat urgen dan dapat dikerahkan dalam waktu singkat meliputi proyeksi tugas Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP), baik dalam skala nasional maupun internasional.

Batalyon Mandala Yudha diresmikan oleh Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi (saat itu) sekaligus melantik Letkol Inf M. Asmi sebagai Komandan Batalyon pertama. Peresmian berlangsung di serambi kehormatan Markas Kostrad, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (6/12/2017).  /beni.andrian/lesat

BhayangkaraNews.Net

Baca Juga

Terima kasih anda sudah membaca artikel Pangkostrad Kunjungan Kerja Ke Batalyon Komposit Pertama Kostrad

Posting Komentar

0 Komentar